Cara Bekerja Di Australia Secara Legal Dan Syarat Terbaru 2021



Jadi, ada beberapa Visa yang bisa Anda gunakan, misalnya seperti Working Holiday Visa dan Student Visa yang mengijinkan Anda untuk bekerja pada batasan waktu tertentu, namun ada juga beberapa visa yang tidak mengijinkan Anda untuk bekerja. 

Dari semua cara untuk tinggal dan bekerja di Australia ada 2 opsi utama yg sebagian besar kita pakai (90% lebih). 

Sekarang kembali pada Anda sendiri, visa mana sih yang cocok untuk Anda? Mau kerja tapi harus yang legal? Ada kok caranya.

Berikut kami berikan beberapa tipe visa untuk bisa bekerja resmi di Australia dan perbedaannya :

1. Student Visa (syarat2 photo bawah)

Cara ini paling banyak di pakai buat masuk dan bekerja di Australia.

- Keuntungannya

  1. Bisa di perpanjang (unlimited)
  2. Bisa menikmati pendidikan di Aussie
  3. Bisa improve kemampuan bahasa
  4. Banyak teman berbagai negara

- Kerugiannya

  1. Waktu terbuang buat sekolah
  2. Bayar uang sekolah
  3. Assessment yg bikin pusing
  4. Kerja cuman 20h/wk (walau bisa diakali)

Permasalahannya:

- Tambah hari tambah susah

Saya dulu masuk Aussie usia 36th masuk diploma gampang dan lancar sekarang bisa dibilang mustahil. Usia 23th ke bawah masih besar kenungkinan untuk dapat student visa lewat College abal2an kalo diatas itu usahakan Bachelor/S1 itupun bukan jaminan. 30th keatas sudah harus apply S2 untuk bisa di aporove student visa dgn kemungkinan besar. Masih ada beberapa kasus bisa ataupun lewat cookery apalagi kalo ada restaurant background dari Indonesia. Tentu saja ini hanya gambaran umumnya ada kasus2 yg memang beruntung dpt visa.

- Visa Turis pindah Visa Student

Ini sekarang yg lagi trend walau sebenarnya nga beda jauh dgn hal yg saya tulis diatas tetapi di Sydney lebih mudah syarat finansialnya. Jadi yg kesulitan dgn biaya sponsor dllnya pilihan ini cukup bisa di pikirkan. Walaupun dari segi usia tetap sama kemungkinannya menurut saya.

2. WHV (Working Holiday Visa)

Adapun Syaratnya:

-Telah berusia 18 tahun atau belum berusia 31 tahun pada saat pengajuan permohonan surat rekomendasi.

- Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan.

- Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya.

- Memiliki paspor yang berlaku sekurang-kurangnya 18 bulan.

- Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional.Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur.

- Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia.

- Surat Rekomendasi berlaku 1 (satu) bulan sejak tanggal dikeluarkan dari Pemerintah Indonesia.

Berikut ini cara pendaftaran WHV Australia 2021 :

Pertama, kamu harus memiliki Surat Rekomendasi dari Pemerintah Indonesia (SRPI). Untuk membuat Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia, kamu harus memenuhi dokumen persyaratan, seperti:

- Kartu Tanda Penduduk elektronik atau Surat Keterangan perekaman KTP elektronik yang masih berlaku

- Paspor biasa dengan masa berlaku sekurang-kurangnya 18 bulan terhitung sejak tanggal wawancara

- Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiswa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan

-Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris setingkat fungsional (skor IELTS sekurang- kurangnya 4,5) yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan atau pelatihan bahasa asing yang masih berlaku pada tanggal wawancara

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang diterbitkan paling rendah oleh Kepolisian Daerah yang masih berlaku pada tanggal wawancara

- Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD $ 5000 (lima ribu Dollar Australia) atau yang setara.

- Boleh pinjam rekening orang tua disertai dengan bukti keterangan Kartu Keluarga.

- Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih, tidak boleh berkacamata

- Memiliki bukti dana aktif dan tidak bermasalah untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia

- Berbadan sehat dan berkelakuan baik dan tidak sedang dikenakan tindakan pencegahan keimigrasian

Kedua, setelah memenuhi dokumen persyaratan, registrasi dirimu ke whv.imigrasi.go.id. Pilih tanggal wawancara, serta unggah dokumen peryaratan ke laman whv.imigrasi.go.id dengan format JPEG (*.jpg), ukuran maksimal 300 Kb.

Tampilan pada website whv.imigrasi.go.id

Ketiga, setelah mengunggah data, nantinya data kamu akan diverifikasi oleh petugas Imigrasi. Setelah terverikasi kamu akan dijadwalkan untuk wawancara.

Keempat, bila lolos tes wawancara, kamu akan mendapatkan Surat Rekomendasi Pemerintah Indonesia (SRPI) yang akan dikirim ke alamat email kamu. Surat ini berlaku selama 1 bulan setelah diterima, dan surat inilah yang akan memungkinkanmu untuk mengajukan aplikasi Working Holiday Visa di imigrasi Australia.

Kelima, tahapan selanjutnya adalah mengajukan aplikasi WHV Australia 2019 ke Imigrasi Australia dengan mengisi formulir pengajuan WHV Australia di sini. Lalu mengirimkan seluruh dokumen persyaratan yang sudah diulas di atas ke AVAC. AVAC (Australia Visa Application Centre) merupakan pusat pengajuan visa Australia.

Untuk ke mengirimkan dokumen ke AVAC (Australia Visa Application Centre), sebelumnya kamu harus membuat janji temu terlebih dahulu. Caranya; buat akun di sini. Sebelum Pembuatan Janji Temu, harap membaca dengan teliti proses aplikasi visa yang tersedia di situs Pusat Aplikasi Visa Australia (AVAC) sebelum memasukkan aplikasi visa Anda dan dokumen pendukung nya di Pusat Permohonan Visa Australia (AVAC) ya!

Keenam, selanjutnya AVAC akan meneruskan ke Australian Embassy dan dalam satu minggu berikutnya kamu akan menerima surat rujukan untuk melakukan medical checkup di rumah sakit terpilih yang ditentukan oleh Australian Embassy. Medical Checkup ini umumnya hanya rontgen saja.

Setelah mendapatkan hasil medical checkup, maka hasil tersebut bisa kamu kirim ke kedutaan dan tunggu waktu sekitar seminggu, maka kamu akan menerima email yang menyatakan kalau paspor kamu sudah bisa digunakan untuk keluar masuk Australia dalam waktu satu tahun.

Jenis visa bekerja di Australia :

  1. Temporary Work (Skilled) Visa  (482)

Visa ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan sponsor dari perusahaan di Australia yang dapat mempekerjakan pekerja luar negeri untuk bekerja di perusahaan tersebut berdasarkan keterampilan yang baik Anda miliki atau keterampilan yang mereka butuhkan.

Jika Anda memegang visa ini, Anda tidak memiliki batas waktu kapan Anda bisa memasuki atau meninggalkan Australia selama masa berlaku Visa Anda. Perusahaan yang mensponsori Anda diperbolehkan mempekerjakan Anda hingga 4 tahun.

Dan jika Anda membawa anggota keluarga Anda untuk bermigrasi dengan Anda ke Australia, mereka juga diijinkan untuk belajar atau bekerja di Australia. Tapi tetap saja akan ada peraturan antara Anda dan perusahaan yang mempekerjakan Anda.

Syaratnya apa saja ya?

  1. Anda harus disponsori oleh perusahaan yang akan mempekerjakan Anda sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki.
  2. Anda harus memenuhi persyaratan kesehatan sesuai standar di Australian Embassy.
  3. Anda harus memiliki keterampilan dan kualifikasi sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.
  4. Anda harus memenuhi syarat yang relevan sesuai dengan posisi yang Anda inginkan.

    2. Employer Nomination Scheme Visa 186

Visa ini dapat digunakan bagi Anda yang ingin bekerja permanen di Australia sebagai pekerja yang memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang akan mempekerjakan Anda. Jika Anda berada di Australia, Anda harus memegang visa substantive atau visa bridging A,B, atau C. Dan ada 3 macam jenis visa di dalam visa ini, diantaranya:

    1. Temporary Resident – Transition Scheme

ika Anda sudah bekerja selama paling tidak 3 tahun di Australia dengan perusahaan yang sama dengan menggunakan visa kerja 457, 482, atau related bridging visa A, B or C dan perusahaan anda harus menominasikan anda.

    2. Direct Entry Stream

Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan visa ini apabila Anda berada di luar Australia dan visa ini untuk Anda yang belum pernah bekerja di Australia. Anda bisa mendapatkan visa ini apabila Anda disponsori oleh perusahaan tersebut.

    3. Agreement Stream

Jika Anda disponsori oleh perusahaan yang akan mempekerjakan Anda melalui perjanjian kerja, maka Anda dapat memiliki visa ini, dan adapun beberapa persyaratannya:

  1. Usia harus dibawah 50 tahun
  2. Memenuhi persyaratan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut.
  3. Anda harus memenuhi kualifikasi sesuai dengan keahlian yang mereka butuhkan dan juga keterampilan berbahasa inggris.
  4. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda dipekerjakan oleh perusahaan yang memenuhi syarat sesuai ketentuan visa tersebut.

    3. Regional Sponsored Migration Scheme (subclass 187)

Visa ini memungkinkan pengusaha dari Australia untuk mempekerjakan non-warga Australia yang sudah memiliki keahlian sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengusaha tersebut secara full time. Visa ini bisa Anda dapatkan hanya apabila, pengusaha yang mempekerjakan terbukti tidak mendapatkan pekerja lokal untuk mengisi posisi di perusahaan tersebut. Adapun beberapa jenis visa yang meliputi visa ini,  diantaranya

  1. Temporary Residence Transition Stream
  2. Direct Entry Stream

Setiap visa memiliki aturan dan kriteria yang berbeda-beda, jadi tergantung pada kebutuhan Anda, visa manakah yang eligible untuk Anda.

Jadi ada baiknya Anda mempelajari jenis-jenis visa terlebih dahulu, agar Anda bisa memutuskan kira-kira visa manakah yang cocok untuk Anda. Nah, oleh sebab itu kami sangat menyarankan Anda untuk mengandalkan agen imigrasi dalam pengurusan visa. Anda harus benar-benar berhati-hati untuk bekerja pada perusahaan tertentu di Australia,

Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa perusahaan atau orang yang mempekerjakan Anda benar-benar legal. Karena jika itu ilegal, maka Anda dapat dikenakan sanksi yang benar-benar berat oleh pemerintah Australia.

Post a Comment